Thursday, 7 May 2009

LODEH TEWEL (SAYUR NANGKA MUDA)


Resep sederhana yang sering dimasak Mamie saya sejak saya kecil. Bumbunya tidak digongso pakai minyak, tapi direbus, jadi agak agak mengurangi kadar kholesterol, yang sudah dipenuhi oleh santannya :D. Kalau Mamie saya masak, dicampurin daging sapi tetelan, kalau saya yang masak, saya campurin cakar ayam. Tapi yang kemarin masak, murni sayur nggak ada unsur hewaninya. Kalau suka kacang panjang, boleh dicampurkan juga.

Bahan:

¾ kg nangka muda dipotong2 sesuai bentuknya
½ butir kubis potong sesuai selera
3 gelas santan cair
2 cm lengkuas dimemarkan
3 lbr daun salam
3 cabe hijau besar potong miring
15 cabe rawit merah biarkan utuh
2 bt sereh, ambil batangnya, memarkan

Bumbu yang dihaluskan:

6 bawang merah
3 bawang putih
4 kemiri goreng
1 sdt ketumbar
1 cm kunir
3 cabe merah besar buang bijinya
1 sdm garam
sedikit gula jawa (kalau suka agak manis)

Cara membuat:

Rebus nangka muda sampai empuk, buang airnya

Didihkan 2 gelas air, masukkan bumbu halus, lengkuas, sereh, daun salam, garam, , cabe rawit, cabe hijau, gula jawa, cicipi rasanya, kalau sudah enak masukan santan, nangka, dan kubis masak sambil diaduk sampai bumbu meresap dan santan tidak pecah.



Notes :
* kalau untuk anak anak, cabenya bisa dihilangkan, jangan kuatir, juga masih enak kok..
* boleh pakai gula pasir juga, tapi kalau pakai gula jawa, warna sayurnya akan lebih cantik

4 comments:

wahjudi said...

resepnya okey loh bu

Anonymous said...

Bu, boleh nanya.
Saya suka sayur ini, biasanya beli di pasar malam, rasanya gurih dan pedas. Kepengen bikin sendiri, coba resep ibu, udah jadi, tapi kok kurang gurih ya, kira-kira kurangnya dimana ya bu supaya bisa gurih...makasih resepnya.

obat jerawat herbal said...

infonya bagus,

Anonymous said...

Makasih lho bu utk resepnya, cocok banget buat kangen2an sama masakan indonesia :)