Thursday, 25 June 2009

Gelatine

gelatine lembaran & gelatine bubuk


Menurut Wikipedia : Gelatin merupakan protein yang diperoleh dari hidrolisis kolagen yang secara alami terdapat pada tulang atau kulit binatang. Gelatin komersial biasanya diperoleh dari ikan, sapi dan babi. Dalam industri pangan, gelatin luas dipakai sebagai salah satu bahan baku dari permen lunak, jeli dan es krim. Gelatine juga merupakan bahan baku kapsul obat.

Di dalam pembuatan kue, gelatine sering dicampurkan pada adonan whipped cream atau ganache untuk membuatnya lebih kokoh dan tidak mudah lumer. Cara pemakaian gelatine dalam campuran whipped cream atau ganache adalah 3 lembar gelatine lembaran (1 lembar setara dengan 2 gr gelatine bubuk) dicairkan dengan 3 sdm air, lalu ditim sampai cair dan berwarna bening. Hangat hangat dimasukkan secara perlahan ke dalam whipped cream atau ganache yang sedang dikocok dengan mixer .

FYI, masih ada perdebatan antara halal tidaknya gelatine ini.

Pengalamanmu mencampurkan gelatine dalam kocokan whipped cream, rasanya jadi aneh, agak agak ngendal gitu. Jadi kalau nggak terpaksa, aku nggak mau pake gelatine :)

2 comments:

nina said...

mba klo untuk pembuatan permen jelly gitu gelatinenya seberapa ya?tau ga mba?

makasih

Keluarga Cinta said...

Nina, sorry aku nggak tau kalau permen jelly.

Thanks for visiting ya..:)

salam,
hanna