Monday 15 June 2009

Melted Brownies a la Yenny Agogo





Enaknya bergabung dengan milis NCC adalah menambah ilmu kuliner sekalian dapat tips dari para membernya yang luar biasa aktif.

Bulan ini, topik yang hangat adalah melted brownies a la Yenny Agogo yang heboh gara gara brownies tersebut dibawa sebagai potluck di acara HMFF beberapa waktu yang lalu. Yenny dengan baik hati share resepnya di milis seperti ini :


Bahan :
150 gram gula kastor
100 gram terigu segitiga
100 gram mentega
100 gram DCC (kalau mau lebih nyoklat yang ditambahin gpp, sekita 125-140gram - boleh pakai merk apa aja : Cholatta, Tulip, Theys)
2 butir telur
kacang almond sangrai (alternatif lain : kacang kenari , tanah)
Vanili


Cara membuat :
Lelehkan mentega dan DCC sampai lumer, tambahkan gula aduk sampe rata masukkan telur, vanili aduk sampai tercampur rata, masukkan terigu .
Terakhir masukkan kacang yang sudah di sangrai (banyak sedikitnya tergantung selera)
Siapkan loyang brownies yang sudah dioles dengan mentega dan ditaburi terigu.
Masukkan setengah adonan terus tata coklat corveture yang bulet2 spt kancing di atas adonan, kemudian tutup lagi dengan adonan sisa.
Panggang sampai matang ( pake suhu 200 derajat , kurleb 25 menit)
Kalau suka ditengah adonan bisa diberi taburan keju, rasanya jadi gurih2 gitu.


Sejak saat itu Milis NCC rame dengan diskusi soal brownies yang kemudian diberi nama MBA ini. Setiap hari ada saja tips dan komentar temen temen yang makin membuat aku penasaran.

Weekend kemarin, sebagai camilan untuk Cinta dan Bapaknya, yang adalah Chocolate Monsters, aku sengaja buatin MBA ini 2 resep. Membuatnya gampang banget, nggak perlu pakai mixer, cukup aduk aduk dan panggang (aku sengaja bikin camilan yang gampang gampang, karena dirumah lagi nggak ada pembantu, males nyuci banyak banyak...hehehe..)

Untuk ngovennya, sebagian aku buat pakai loyang muffin kecil, tanpa taburan kenari untuk Cinta, dan sisanya pakai loyang brownies biasa dengan taburan kenari. Untuk melted chocolatenya, karena nyari couverture coklat (yang ternyata menurut informasi temen temen berbentuk seperti kancing) di TBK langganan nggak ada, aku kasih aja potongan coklat Elmer ini.


Dan ternyata memang hanya melted waktu masih panas saja, setelah dingin, coklatnya menjadi sedikit kaku - tapi masih enak juga.




Pagi ini aku bawa 4 potong ke kantor, sambil kerja sambil nyamil... Kalau kemarin waktu habis matang kerasa manis banget, hari ini manisnya sudah agak berkurang.




Sepertinya next time memang kudu pakai coklat kancingnya nih, supaya efek meltednya dapet dan gulanya harus agak dikurangin :). Anyway, terimakasih Yenny untuk sharing resepnya...

1 comment:

Anonymous said...

halo mbak.. salam kenalnya, senang bs melihat resep2 mbak di blog ini ^^
aku mau tanya nih, cara membuat Melted Brownies ini maksudnya gimana sih? lelehin mentega & DCC, setelah itu tambahkan gula, telur, vanili dan terigu ini maksudnya smuanya ini diaduk bersama menteganya gitu? ikut dilelehin jg langsung di atas api atau tepung, gula, telur dan vanili nya diaduk terpisah lalu menteganya dituang ke adonan tepung? mohon penjelasan, krn saya bnr2 msh br bljr buat kue..hehe.. Trims :)