Monday, 26 October 2009

Chicken puff a la Keluarga Cinta




Minggu lalu salah satu loyal customerku di kantor protes, kok snack buatanku nggak ada yang baru. Untuk mengantisipasi supaya beliau tidak bosan dan berpaling ke tempat lain, weekend kemarin aku coba bikin variant snack baru (maksudnya baru itu = di luar daftar snack yang biasa aku bikin untuk dijual :D) dan hari ini aku bagikan sebagian ke teman teman sebagai tester. Supaya mudah diingat, aku beri nama chicken puff a la Keluarga Cinta saja.


Membuat puff pastry sebenarnya tidak sulit, at least tidak seribet Danish pastry, selain itu bahan bahannya mudah didapat di pasaran. Yang diperlukan hanya "ketabahan" untuk menjalani proses giling simpan saja. Tidak seperti membuat dough untuk roti yang setelah diadon sampai khalis didiamkan sampai mekar lalu ditimbang dan di oven, adonan puff pastry perlu digilas sampai 3 kali. Dan setiap kali habis digilas harus diistirahatkan di dalam kulkas selama 15 menit supaya korsvet tidak meleleh..


Namun hasil yang didapatkan, worth it.

Yuk coba yuk…




Bahan :

500 gr terigu protein tinggi (aku pakai Cakra), ayak
50 gr margarine/mentega suhu ruang
2  sdm gula pasir
¾ sdm garam
250cc air dingin
250 gr korsvet suhu ruang (tapi jangan yang terlalu lunak/meleleh ya..)


Cara membuat :

Aduk terigu,margarine/mentega, garam, gula, buat lubang di tengahnya, masukkan air sedikit demi sedikit, uleni sampai ½ khalis.




Bulatkan, simpan di kulkas selama 30 menit.

Taburi meja kerja dan rolling pin dengan terigu.


Gilas adonan melebar (+/- 2 cm tebalnya)





Letakkan korsvet di tengah tengah. Bungkus rapi. Pastikan tidak ada korsvet yang keluar dari dough selama proses penggilingan. Dan korsvet tidak dalam keadaan beku karena akan menyobek dough.





Nah…ketabahan anda akan diuji mulai dari rangkaian proses di bawah ini… :D






Gilas adonan yang sudah berisi korsvet dari tengah ke arah atas dan bawah sampai mendapatkan bentuk oval memanjang..



bagian bawah dan atas yang seperti inilah yang disebut bagian terbuka


Lipat 3 (ujung atas dan bawah dilipat ketengah). Gilas lagi dengan arah yang sama. Selalu menggilas adonan dari arah bagian yang terbuka. Lakukan gilas lipat sebanyak 3 kali. Bungkus dengan serbet bersih, masukkan kulkas selama 15 menit.


Setelah 15 menit, ulangi proses penggilingan 1x. Kemudian setelah dilipat 3 memanjang, lipat lagi menjadi 2 dari sisi yang tidak terbuka (disebut lipatan ganda). Gilas lagi sampai tipis memanjang. Lipat 3 (atas bawah ketengah). Simpan lagi di kulkas selama 15 menit.



lipatan ganda


Proses ketiga, gilas lipat sampai 3 kali lagi. Simpan kulkas 15 menit lagi.



Keluarkan adonan dari kulkas, gilas kesemua arah secara melebar menjadi setebal +/- 75mm dan potong sesuai keperluan. Pergunakan cutter/pisau yang tajam dan cara memotong yang langsung putus, jangan di'seret'.  Adonan siap digunakan



Isi dengan adonan isi yang telah dipersiapkan sebelumnya sehingga adonan sudah dingin pada saat akan dimasukkan. Adonan isi harus kering ya.


Bentuk sesuai selera, rekatkan bagian yang ingin direkatkan dengan diolesi air matang. Beri motif di atas permukaan puff bila suka. Tapi hanya tipis tipis saja ya, jangan sampai kulitnya sobek.




Olesi kocokan kuning telur. Pastikan olesan telur tidak mengenai pinggir2 puff karena nanti puffnya tidak akan mengembang



Letakkan di atas loyang atau kertas roti yang telah diolesi sedikit air (bukan margarine ya)

Masukkan kedalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 200cc selama 20 menit.




Untuk puff dengan isian manis, setelah matang langsung olesi dengan apricot glaze yang telah dicairkan.



ini puff untuk Cinta, dibuat kecil kecil tanpa isi , hanya dioles appricot glaze saja setelah matang


Notes :

  • beli korsvet yang berkualitas bagus sehingga hasilnya tidak 'ngendal' a.k.a meninggalkan  bekas tidak enak di langit langit mulut.
  • pada saat menggilas, jangan terlalu keras menekan adonan. Kira kira tenanannya seperti kalau kita sedang nge-gas motor plus + sedikitttttttt lagi tekanan.
  • Kalau adonan sobek, segera tambal dengan adonan dari bagian lain yang tebal, sehingga korsvet tidak mencuat keluar
  • Adonan puff yang sudah jadi bisa disimpan di freezer dan digunakan sewaktu waktu. Masukkan adonan kedalam plastik, beri taburan tepung terigu sehingga tidak lengket dan ikat rapat. Sebelum digunakan, keluarkan dari freezer dan biarkan dalam suhu ruang.
  • 1 resep di atas bisa jadi 10 - 15 potong Chicken puff ukuran besar.


Isi chicken puff a la Keluarga Cinta


Bahan :

1 butir Bawang Bombay ukuran sedang
250 dada ayam fillet dipotong dadu kecil
½ kaleng doporten ditiriskan
½ kaleng jagung manis ditiriskan
1 bh wortel potong kecil dadu, rebus sampai empuk
11/2 sdt kaldu bubuk (atau sesuai selera)
1 sdt gula (atau sesuai selera)
1/2 sdt merica
1/2 sdt pala bubuk
1 sdm margarine untuk menumis
3 sdm susu cair/air
1 sdm terigu


Cara membuat :

  1. Tumis bawang Bombay dengan margarine sampai harum
  2. Masukkan dada ayam fillet, tumis sampai berubah warna dan mengeluarkan kaldu
  3. Masukkan bahan dan bumbu lain. Cicipi dan koreksi rasanya.
  4. Terakhir masukkan terigu dan diaduk cepat sampai menggumpal, masukkan susu cair/air, aduk sampai mengental,rata dan kering
  5. Biarkan dingin. Isikan kedalam kulit puff.




Setelah matang, ambil photo yang banyak untuk kenang kenangan...siapa tahu males bikin lagi..hihih...just kidding, friends..



Sajikan hangat dengan saus sambal.

6 comments:

mela said...

Hmmm keliatan enak ce..emang ce Hanna ini kalau buat snack selalu menggoda..Ini juga ya ce, yg mau di pesan ma orang kantorku nanti??Jadi pengen ikut acara nya..hehe..biar bisa ngerasa in snack nya ce Hanna..

Kapan2 nyoba ah..thanks buat share resep nya ya ce..

Keluarga Cinta said...

Hehehe...makasih, Pam. Iya bener, ntar yang pesanan kantormu juga gini, cuma isinya pakai bumbu kari, beda diisinya tok dan ukurannya tentu saja..hihihi...

salam,
hanna

Tuty said...

Han,
Yummy banget... snack ini ada kenangan khusus buat aku :-)
Your step-by-step pix bikin aku pengen bikin nih... eh korsvet itu beda ama butter nggak ya? Resep puff pastry di sini selalu nyebutnya butter.

Keluarga Cinta said...

Tuty,

Korsvet nggak sama dengan butter(nya Indonesia). Bentuknya lebih padat dan tasteless. Ada resep puff yang pakai butter juga, kalau sempat ntar aku copykan ya.

salam,

Kurnia said...

Hmm..enyak2.jd ngiler mb.aq mw tny,biasanya klo pake korsvet ktka dpanggang akn meleleh.cara mngatasi gmn ya?oven dan kompor jd g kinclong.thx ya share nya

Keluarga Cinta said...

@ Kurnia,

Ngovennya kan pakai loyang, nah loyangnya dialasi kertas roti, jadi nggak kotor dan mudah membersihkannya.

salam,