Tuesday 13 October 2009

Moon cake mould


moon cake dengan isi kuaci !!


Aku suka sekali makan moon cake, atau yang biasa disebut Thong Tjiu Pia (TTP). Tapi yang aku suka adalah yang kulitnya lembek, bukan yang putih kaku itu. Sayang moon cake hanya ada setahun sekali, dekat waktu Sembahyang TTP sekitar bukan September dan harganya agak agak....ya gitu deh...heheh..

Seperti biasa, kalau ada makanan yang aku suka, pasti aku berusaha untuk coba bikin sendiri. Beberapa waktu yang lalu ada tabloid kuliner yang membahas resep TTP. Trus waktu ke toko 8, aku lihat alat ini...jadiii...karena laper mata, aku belilah...bikinnya kapan belum jelas yang penting beli dulu alatnya :)





Ini bagian luarnya. Jadi nanti adonan dimasukkan kedalam kotak itu, di press trus mengeluarkan adonannya dengan menekan bagian atas yang ada 'per'nya.




Nah, yang ini bagian dalamnya. Motifnya ada macam macam. Untuk sementara aku pilih yang model bunga ini. Di situ ada lubang kecil kecil yang membuat adonan TTP nantinya tidak menggelembung dan rusak.

Harganya Rp 50,000, terbuat dari plastic (atom).

Aku pernah lihat juga cetakan yang dari kayu, cuma nggak bisa membayangkan bagaimana cara mengeluarkannya dari cetakan nantinya.

Cerita tentang TTP isi kuaci, ntar ya...penulis mau dinas luar kantor dulu hari ini :)

15:37 : ayo lanjut... :)

Waktu lebaran lalu, aku dibawain moon cake oleh cicikku dengan beberapa rasa. Salah satunya, di bagian luar ada tulisannya 'with lotus seed'. Waktu aku potong, eh, ternyata bukan biji lotus, tapi biji kuaci !! Beneran biji kuaci, bentuk dan rasanya sama persis. Nah, yang mengganjal di pikiranku, bagaimana pembuatnya mengupas kuaci ini? Kalau mente, biarpun kulitnya tebal, tapi ada alat untuk mengupas. Kacang, juga ngupasnya gampang. Lha kalo kuaci? Kan harus di'sisil' alias dibuka pakai mulut to?? Jijik yoooo....Akhirnya yang mengandung biji kuaci aku berikan ke si mbak, yang ternyata juga seneng banget moon cake dan menikmati tanpa mikir jauh jauh tentang proses pengupasan kuaci. Memang benar kata orang 'what you don't know, will not harm you' :D

6 comments:

bigfish said...

Hi, nama saya Marlin dan saya suka browsing Jeng. Baru baca mengenai blog Jeng mengenai mooncake yang isinya kuaci. Jangan kuatir Jeng, kuaci nya itu ngga dikupas dengan mulut, tapi past ada alat pengupasnya. saya tinggal di selandia baru, di sini kuaci yang dijual itu sudah dikupas semua. trus sebetulnya kalau isinya kuaci itu biasanya namanya "peanut" kalau lotus filling lain lagi. kuning warnanya.

Caroline A said...

Mau tanya cari cetakan Mooncake dimana ya? Posisi saya juga di Surabaya, tapi selama ini cari masih belum dapat.

Tolong dikabari segera ya..
Thank's

Anonymous said...

sis ne beli cetakan mooncakenya dmn ya sis? bs kabarin? saya mau coba buat juga thx

David Katianda said...
This comment has been removed by the author.
David Katianda said...

sis ne beli cetakan mooncakenya dmn ya sis? bs kabarin? saya mau coba buat juga thx

ini saya pke email suami saya krn email saya yahoo tidak ada gmail

Hanna said...

Mould (cetakan) moon cake bisa dibeli di Toko 8 jalan Pucang Surabaya.

thanks,