Monday 31 May 2010

KBB # 17 - Savoury Bake


Surat tjinta KBB bulan Mei datang pada tanggal 28 April 2010 dan diberi waktu pengerjaannya selama 1 bulan.

Thema tantangan KBB ke 17  ini adalah Savoury Bake, lebih detailnya membuat Lattice Pie. Secara sederhana arti Lattice adalah bentuk saling silang seperti anyaman.

Lattice Pie di KBB 17 ini harus dibuat dari bahan puff pastry, boleh pakai isian apa saja yang penting asin (savoury), dasar loyang boleh pakai apa saja, nggak pakai apa apa atau langsung isian juga boleh. Yang penting adalah kreatifitas membuat latticenya. Sederhana kan syaratnya?

Nah, kali ini karena aku punya sisa bahan kulit dan isian pie asin, serta sisa puff pastry..hehehe..semuanya sisa ya…nggak papa, walaupun sisa tapi masih bagus semua kualitasnya kok. Untuk resep pie crust dan isiannya ada di sini:
Sengaja aku pakai 6 loyang pie yang personal karena ingin mencoba beberapa model lattice. Nggak ada kesempatan nyari contoh pembuatan di Youtube, karena computer di rumah lagi overhaul, alias turun mesin. Jadi hanya browsing photo photonya saja dan kebanyakan yang aku lihat photonya hanya yang bentuk anyaman biasa. Coba coba segala bayangan yang ada di kepala, jadilah 6 motif yang aku buat ini. Ternyata asyik banget membuat design tutup pie..






Step pertama, aku buat dasarnya pie dulu, panggang setengah matang. Lalu isi dengan isian dan supaya lengket aku siram dengan cream.




Pastry digilas lagi lalu dipotong potong.




Sekarang pekerjaan yang sebenarnya dimulai... :)

Yang pertama, bentuknya anyaman biasa…











Yang berikutnya saling tumpang saja, nggak disilang




Yang ketiga, aku pakai cookie cutter bentuk bunga, dirangkai dengan sedikit puff pastry supaya tidak lepas waktu di panggang.





Yang keempat, aku potong pastry tipis tipis lalu aku lingkarkan ke sekeliling pie, ditambah 2 potong lagi dan dibuat bentuk silang di atasnya.





Yang kelima dan ini favoritku, bentuk kepang…. Jadi caranya pastry dipotong per3 helai lalu dibuat kepang, pasang di atas loyang






Yang keenam, lembaran pastry digaris garis lalu dipotong sesuai lebar loyang, Pasang dengan cara sedikit di’benggang’kan, atau agak ditarik supaya motif garis garisnya nampak..






Setelah selesai, rapikan pinggir pinggirnya, pakai garpu kalau perlu dan olesi dengan kuning telur.


Panggang selama 25 menit dengan panas 200 derajat celcius.


Jadi…


Demikian tantangan KBB ini selesai aku kerjakan....walaupun pada hari hari terakhir.

Dan ini tanda lulusnya....



Terimakasih mbak Molly & mbal Sofie yang kali ini menjadi host dan juga untuk mbak Arfi...


3 comments:

Monica Adriana said...

mbak hanna, super keren banget latticenya macem2.. hehe. rajin banget mbak biarpun udh hr terakhir bikinnya.. pasti puas banget ya.. :D

Hanna said...

hehehe...thank you, Mon

molly said...

kereennn... emang..
top dg rajin eksperimen berbagai macam latticenya