Monday, 10 May 2010

Resep Mushroom Quiche (ditujukan untuk bu Tutuk :D)



Memenuhi permintaan seorang sahabat dari Tuban, ibu Tutuk, aku tuliskan resep Mushroom Quiche (baca : kiz) a la Keluarga Cinta :D.

Cara membuat kulitnya ada di sini.  Untuk isian, dapat insprirasi dari Latbar Food Monster, tapi aku nggak pakai garam sama sekali untuk isiannya, karena semua sudah asin.


A : Bahan kulit pie :

400 gr terigu segitiga ayak
200 gr butter beku
75 gr margarine beku
1 kuning telur dingin
1 sdm air dingin (hanya kalau perlu)

B : Bahan isian :

6 lembar smoked beef potong sesuai selera
10 biji sosis potong tipis
1 kaleng jamur champignon, cuci bersih, tiriskan, potong tipis
1 bawang bombay ukuran besar
5 bawang putih cincang halus
Minyak untuk menumis (lebih mantap pakai minyak zaitun)
Sejumput merica
Sejumput pala

C : Bahan siraman (kocok semua asal rata):

300 ml susu segar
2 telur kocok lepas
100 cc krim kental


Cara membuat :

Campur semua bahan kulit pie kecuali telur, potong potong butter dan margarine dengan pastry knife, aduk rata dengan terigunya, terakhir masukkan kuning telur dan air es (hanya kalau perlu, kalau adonan sudah lembab nggak usah), aduk rata. Usahakan seminimal mungkin menyentuh / menguleni dengan tangan, supaya pie tidak keras ya

Cetak kedalam loyang pie, tusuk tusuk dasarnya

Panggang selama 20 menit dengan api 180 derajat celsius sampai berwarna butek (setengah matang saja)

Sementara menunggu, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan jamur, masukkan smoke beef dan sosis. Taburi merica dan pala. Sisihkan

Keluarkan kulit pie dari oven, tuangkan 1 sdt isian, lalu siram dengan campuran bahan siraman (C) - hati hati jangan sampai luber

Panggang lagi sampai cairan susu beku (kurleb 20 menit)

Sajikan dengan saus sambal

Hasil jadi 25 - 30 pie ukuran sedang.


Notes :

Kalau mau diberi bayam, rebus bayam, peras, rajang kasar, letakkan di dasar pie sebelum diberi isian. Lihat caranya di sini.
Kalau nggak punya krim kental, buat saja dari :

1 sdm margarine
1 sdm terigu
150 cc susu
caranya : tumis margarine, masukkan terigu, aduk cepat, tuangi susu, aduk sampai kental




Bu Tutuk, selamat mencoba ya, salam buat puterinya...nitip pesan : Tante Hanna kenal banget sama bunda Tutuk..heheheh...

5 comments:

Anonymous said...

mbak Hanna,

Mau nanya, berarti kulit pie yg stengah matang ( yg akan dikaish isi ) itu harus dikluarkan dr cetakannya atau ttp nempel di cetakkanya?, baru setelah matang smua dikluarkan dr cetakannya.

Suwun,
Dian

Keluarga Cinta said...

Biarkan tetap di dalam cetakan aja, mbak. Soalnya ntar kalau dikeluarkan dari cetakan trus dikasih cairannya bisa pecah karena basah. Ntar kalau sudah mateng baru dikeluarkan. Hati hati ngeluarkannya karena pienya rapuh.

Selamat mencoba ya, dijamin ketagihan.. :D

Anonymous said...

salam kenal mbk Hanna,

ijin copas resep2nya yah..kyaknya enakkk bgt, kalo dilihat, mbak ini paling pinter bikin snack yg gurih2 gini, apalgi liat pastup-nya tuh..hehehe. tks sdh berbaik hati utk share resep2nya mbk.

salam,
Yani

Anonymous said...

salam kenal M' Hanna,

kyaknya enakkk bgt snacknya, ijin copas resep2nya ya mbak..mbk Hanna paling pinter kalo bikin snack2 gurih kyk gini, apalagi yg pastup tuh..heheheh. btw trm ksih sdh berbaik hati share resep2nya.

salam,
Yani

Anonymous said...

salam kenal M' Hanna,

kyaknya enakkk bgt snacknya, ijin copas resep2nya ya mbak..mbk Hanna paling pinter kalo bikin snack2 gurih kyk gini, apalagi yg pastup tuh..heheheh. btw trm ksih sdh berbaik hati share resep2nya.

salam,
Yani