Monday 24 May 2010

Sacher-Torte Iin


Hari Sabtu 22 May 2010 siang dapat telephone dari Iin, teman milis NCC. Minta dibuatkan Sacher Torte, untuk hari hari ini, Senin 24 May dengan pesan dekorasinya yang minimalis banget, cukup tulis 'Happy Birthday Evan' saja.

Memang yang aku tahu, Sacher Torte biasanya hanya cake coklat yang disiram ganache (dibaca : ganas, terbuat dari cream kental + coklat leleh dan butter) dan ditulisin 'Sacher'. Franz Sacher ini adalah nama chef magang berumur 16 tahun dari Austria yang menemukan resep ini pada tahun 1832. Konon katanya, dia minta setiap cake yang dibuat berdasarkan resepnya, dikasih tulisan Sacher trus dibawahnya ada buntutnya gitu....(mungkin) seperti tanda tangannya.

Tapi, maap ya, mas Sacher, tanpa mengurangi rasa hormat kali ini nama sampeyan nggak aku tulis. Lha Iin pesannya dikasih tulisan Happy Birthday Evan, trus kalau kalau masih dikasih tanda tangan sampeyan lak ya aneh to...jadi, nama Sacher aku tulis dijudul postingan blogku ini aja ya :D


Cake dan hiasannya semua dari coklat, termasuk coklat putih untuk coklat kruwelnya.... Berhubung nilai menulis indahku masih di bawah rata rata, maka semua tulisan aku buat dengan menggunakan cetakan coklat, bukan tulisan tangan :)


 

Oiya, buat yang belum tahu Sacher Torte ini seperti apa, aku coba terangkan sebisaku ya. Sacher Torte ini adalah cake dengan dasar resep butter cake, diberi coklat leleh (ada juga yang menggunakan campuran coklat bubuk) yang setelah matang dibelah tengahnya diberi selai aprikot yang rasanya manis manis asem, lalu disiram ganache tadi. Ganachenya sebaiknya dibuat dari whipped cream yang tidak manis. Sacher Torte harus disimpan di dalam kulkas, karena dia dilapisi (lagi lagi) ganache. Kalau tidak disimpan di dalam kulkas jadi lembek.

Nah, butter cake itu sendiri apa? Butter cake itu cake yang cara membuatnya mentega (butter/margarine) yang dikocok dulu dengan gula trus diberi kuning telur. Di tempat lain, putih telur dikocok dan diberi gula (juga) sampai kaku. Setelah itu dicampurkan kedalam kocokan mentega tadi berselang seling dengan terigu. Trus dioven sampai matang. Rasanya padat dan mengenyangkan.

Hehehe...jadi inget kuis waktu Kopdar NCC kapan hari. Ada pertanyaan, apa beda butter cake dan sponge cake :)

Anyway, terimakasih atas kepercayaan dan ordernya ya, Iin.

1 comment:

Anonymous said...

sacher-torte bukan sekedar kue coklat loh... aku pernah makan sacher-torte yg asli, dan itu beda bgt ama sacher-torte yg sering ada di indonesia...
yg asli kalo dimakan ada sedikit rasa jeruknya, basahnya jg pas, tdk terlalu manis... pokoknya beda... :D