Wednesday, 28 September 2011

Resep Balado Tahu Terong Pete a la Keluarga Cinta

01terong2


Waktu makan siang di pantry kantor dan ada menu yang mengandung sambal terong , aku ini pasti paling ribut kalau nggak kebagian atau salah pilih menu. Padahal kalau dipikir cuma terong ajah gitu yah, bikin sendiri juga bisa...tapi kalau lihat temen temen makan terong sambel, aku kok nggak rela...hahaha...ndeso tenan..

Di kantorku, biasanya sambal terong adalah pelengkap menu penyetan, entah itu ayam, lele atau bebek goreng. Sambalnya sambal bajak atau sambal tomat dan beberapa helai daun kemangi, potongan kubis dan timun.

Weekend kemarin, sempat belanja di tukang sayur yang lewat depan rumah. Lihat ada terong ungu besar dan bagus bagus, juga pete dan tahu kulit goreng kecil kecil. Langsung kebayang mau masak sambal terong !. Sekalian aku beli tempe bentuk segitiga yang dibungkus daun pisang dan ikan pindang kecil kecil yang kalau digoreng kering, dimakan dengan nasi hangat, enak banget.

Resepnya gampang dan sederhana banget, yaitu :

2 terong besar, cuci bersih dan potong potong
10 biji tahu kulit goreng (maksudnya tahunya berkulit coklat karena sudah digoreng oleh pembuatnya :D)
2 papan pete (petai), kupas bersih
1 1/2  tomat merah ukuran besar
8 bawang putih
10 bawang merah
3 cabe merah besar
3 cabe merah kecil
1 sdt terasi matang
Garam
Gula pasir/Gula merah
Vetsin dikit, kalau mau

Cara membuat :
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe, terasi, nggak perlu terlalu halus,
  • Tumis bumbu sampai wangi dan matang,
  • Masukkan terong, masak sampai layu
  • Tambahkan tahu, masak sampai bumbu bercampur rata
  • Tambahkan 1  - 1 1/2 gelas air dan bumbu bumbu lainnya
  • Masak sampai meresap, terakhir masukkan petenya
  • Sajikan...

01terong


Asal tau aja, suamiku seneng banget dengan menu sederhana ini, maemnya sampai tambah tambah. Katanya "Menunya hari ini mantap banget, Mam !!". **Soalnya dia sudah bosen banget aku masakin daging dan ayam, terutama soto ayam kesukaan Cinta yang hampir seminggu 2 sampai 3 kali hadir di meja makan kami :D**

2 comments:

pido said...

yummi bu... kalo terongnya di goreng bisa juga gag ya?

Keluarga Cinta said...

@Pido :

Bisa banget... :)