Monday 8 March 2010

Beetroot, pewarna merah alami


Ini adalah penampakan beetroot ( Beta vulgaris atau sering juga disebut 'bit'), umbi yang berwarna merah tua. Umbinya renyah dan manis seperti bengkoang.

Menurut Wikipedia, "Bit gula (Beta vulgaris) adalah sebuah tanaman berbunga dalam familia Chenopodiaceae[1], yang aslinya berasal dari daerah pesisir barat dan selatan Eropa, dari Swedia selatan dan Kepulauan Britania ke selatan Laut Mediterania. Tanaman ini penting karena varitasnya yang dikembangkan, fodder beet, bit dan bit gula yang menghasilkan gula"

Beberapa orang menggunakan beetroot ini untuk campuran salad dan pewarna merah alami untuk makanan. Ada juga yang bilang beetroot bisa mengobati kanker dan beberapa macam penyakit lainnya.

Aku beli beetroot ini karena mau nyoba bikin Red Velvet Cake a la mbak Ria Chocoloveid. RVC yang berwarna merah genjreng ini resep aslinya menggunakan pewarna makanan yang banyak sekali (sampai 80ml), tapi oleh mbak Ria di modifikasi menggunakan beetroot. Waktu dimasak, baunya memang agak kurang enak, tapi setelah jadi cake, bau nggak enaknya hilang, dan cakenya wuenaaaaaaak banget.

Cerita soal RVC nyusul ya, photonya belum di edit.

No comments: