Tuesday, 9 March 2010

Red Velvet cake a la mbak Ria Icip Icip di Dapur


Ini pertama kali aku bikin Red Velvet Cake. Sejak lihat resepnya di blog mbak Ria Icip Icip di Dapur (yang secara sepihak aku anggap sebagai guru karena blog beliau sangat informative dan berguna buat aku, dan sering banget aku kunjungi, hehehe....), aku sudah jatuh cinta. Mbak Ria bilang ini cake kegemaran Oprah Winfrey... halah...tambah kepingin aku, secara beliau satu itu adalah idolaku, ceritanya pengen ngerasain seperti apa sih cake yang membuat Oprah tergila gila.

Waktu pak Ribut pesen kue buat ultah istrinya tanggal 6 Maret 2010, aku tawarin cake ini. Beliau bilang terserah asal nggak pake keju. Waduh...kan pake cream cheese untuk cheese cream frosting. Tapi kalau dilihat dari resepnya komposisinya cream cheese hanya 250 gr saja, ditambah whipped cream, butter dan gula pasti nggak terlalu terasa ngeju. Aku bilang pak Ribut, ntar tetep pake keju tapi dikit, kalau nggak suka, kasihin anak / istrinya aja creamnya. Dia setuju.

Hari Kamis aku sudah nyari beetroot, karena nggak selalu ada di SPM dekat rumahku. Dapat tapi kecil kecil. Yo wis, nggak papa, toh nanti di blender.

Sabtu pagi banget aku mulai bikin 1 resep dengan 3 loyang ukuran kotak 22cm (resep mbak Ria untuk 3 loyang bulat ukuran  24 cm). Prosesnya nggak rumit. Panggang, 15 menit sudah wangi dan test tusuk sudah kering. Lho, kok cepet, pikirku...padahal cakenya nggak tipis tipis banget. Untuk make sure, aku tambah lagi 10 menit...

Waktu dibalik, cuil dikit ujungnya langsung dimaem sama Cinta. Eh, dia suka.



Trus Cinta minta lagi, aku bilang nggak bisa, ini pesanan orang. Eeee...dia maksa. Dan aku juga sebenernya pengen ngrasain juga.  Aku lihat beetroot dan bahan bahan lain masih ada, waktu masih cukup, akhirnya aku buatin lagi 1 resep pakai 2 loyang bulat 30cm. Tapi sebelum cake yang baru mateng, Cinta belum boleh makan cake yang sudah jadi. Agak manyun juga dia. Tapi karena proses pembuatan cake berikutnya nggak lama, dan ternyata hasilnya sukses, malah lebih moist karena aku hanya panggang selama 20 menit, akhirnya Cinta boleh memiliki cake pertama.

Waktu aku bikin cream cheese frostingnya, Cinta minta banyak untuk menghias cakenya sendiri. Hehehe....gak boleeeeh....ntar aja sisanya.

Cream jadi, aku dinginkan dulu di kulkas supaya set. Agak siang baru aku oleskan ke cake. Selesai, aku taruh dulu di kulkas lagi, sorean baru aku tempel buah dan almond slicenya. Jam 18:00 baru aku antar ke rumah pak Ribut.




Setelah kesasar sana sini, sampai juga cake ini ke tangan bu Ribut yang ternyata sangat ramah. Pulang dari rumah pak Ribut Cinta langsung menghias cakenya dengan sisa sisa cream cheese frosting dan sisa sisa buah. Ternyata creamnya kurang....terpaksa aku tambahin bikin 1/2 resep lagi. Dia hias sendiri, bener bener nggak mau dibantu. Waktu aku bantu nempel nempel buahnya, dia protes, buah langsung dilepasin lagi trus katanya 'Ini kan cakenya Nik, terserah Nik dong mau menghiasnya bagaimana'. Yo wisss lah....yang penting dia seneng aja...toh nantinya juga buat dimakan kami sendiri.



Sayangnya habis dihias malah dia nggak selera makan. Rupanya dia hanya seneng cuwil cuwil base cakenya aja. Hmmm....mana Babanya juga nggak suka cake. Akhirnya malam itu hanya Siti dan aku yang makan. Dan rasanya?? Sumpah enak, saudara saudara. Cake yang begitu keluar dari kulkas kelihatannya kaku, didiamkan sebentar di luar, seperti tips dari mbak Ria, ternyata jadi moist banget.

Hari Senin aku bawa cake ini ke kantor, hanya beberapa slice saja. Aku makan bareng mbak Ningyum. Hari Selasa (hari ini) aku bawa lagi untuk dimakan bersama Pleks. Mereka juga bilang enak.

Pak Ribut yang tadi pagi datang ke kantor juga sampai geleng geleng, karena cakenya enak sekali. Sekeluarga bilang cakenya lain dari yang lain. Juga nggak kerasa kejunya, trus maemnya disayang sayang, nggak boleh cepet habis :D Waduhhhh...senengnya aku.... bisa jadi dagangan andalan nih.. :)

Untuk resepnya, walaupun aku sudah minta ijin ke mbak Ria, tapi aku tidak akan share di sini ya. Silakan blog walking ketempat beliau. Di sana lengkap ada tips tipsnya.

Berdasarkan pengalamanku, untuk cake dasar, gulanya aku kurangi menjadi 400gr. Waktu dimixer dengan minyak, minyaknya sedikit aja dulu, setelah nyampur baru tambahin sisa minyaknya. Untuk coklat bubuknya, aku akan cari yang nggak benar benar coklat, harus yang kemerahan, supaya cakenya tambah merah jreng. Kemarin aku juga kehabisan pewarna merah, jadi  pakai pewarna pinknya Cross :)




Mbak Ria, terimakasih banyaaaaaaaaak....very nice of you....resepnya hebat, tipsnya mantap...dan benar, sharing mbak Ria membawa berkah buat aku, secara ilmu dan secara financial juga.


3 comments:

ria-chocoloveid said...

Duuuuh... terharu & ikut senang karna tau semua suka dengan cake buatanmu.
Cinta sudah punya bakat tuh... hebat banget dia, gemez deh liatnya :)

Eniwei, congrats yaa...akhirnya jadi juga bikin RVC nya. Betul Hana, semoga berkahnya menular padamu...hehehe.

Sukses yaa...


ria

Keluarga Cinta said...

Makasih sekali lagi ya, Mbak..kalo bukan karena mbak Ria sampai sekarang aku nggak pernah ngerasain cake yang rasanya fantastic ini,dan bahannya nggak neko neko ya, mbak :)

nita said...

Boleh nyontek resepnya ga?? Koq aku cari diblog mbak ria ga ada ya