Wednesday, 24 March 2010

Jamur Crispy a la kadarnya :)


Waktu latbar Foodmoster, Mae bawa jamur crispy yang enak banget....katanya resepnya ada di blognya, tapi aku belum sempat cari. Trus di Koki dan Sedap yang baru ada resep jamur crispy juga....trus...trus...jadi pengen...tapi kok bahannya agak banyak. Malah ada yang pakai bawang putih bubuk segala...dan di rumah nggak punya.

Tapi, di rumah ada tepung siap pakai merk Sasa yang biasanya aku pakai untuk menggoreng ayam. Yo wis, untuk sementara pakai ini dulu.

Kemarin pagi, suruh Siti nyari jamur tiram ke tukang sayur, ternyata ada walaupun kecil kecil. Gak papa....yang penting jamurnya masih seger :)



Cara membuatnya gampang banget.

Bahan yang dibutuhkan hanya jamur, tepung bumbu, telur kocok lepas. Trus, jamur dicuci bersih terutama bagian bawahnya,tiriskan. Potong potong, gulingkan dalam tepung bumbu, gulingkan dalam kocokan telur lalu kembali ke tepung bumbu sambil agak ditekan tekan (supaya lebih tebal dan crispy). Terakhir goreng dalam minyak banyak dan panas. Sudahhh.....matang.

Suamiku yang baru pulang ngantar Cinta sekolah dan nggak tau proses pembuatannya langsung tertarik mencium barunya. Dia tanya ini apa. Aku nggak jawab dulu kalau itu jamur. Kuatir ilfil. Aku suruh dia cicipin dulu. 'Enak nggak?' Katanya enak. 'Emang ini apa? Udang tah?'. Aku bilang ini jamur tiram...ehhh....malah cepet cepet nambah, katanya 'dari sejak jaman kost dulu aku suka makan jamur tiram tapi baru sekali ini makan yang digoreng tepung, ternyata enak ya...' :D


2 comments:

kira said...

mbak...resepnya praktis banget...mau nyoba...tapi bisa kan..pake tepung bumbu yg lain???maksudnya...tepung bumbu buat goreng tempe...

makasih...

Keluarga Cinta said...

@Kira : seharusnya sih bisa..yang penting bisa crispy :)